RANGKUMAN PRAKTIKUM REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Assalamualaikum Wr.Wb.
Hallo semuanya
Perkenalkan nama saya Dita Aulia Widyasari, Saya Mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan mengambil jurusan Informatika. Disini saya akan menjelaskan rangkuman dari hasil Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan semoga membantu kalian memahami materi ini.
FLOWCHART
Flowchart adalah diagram alur yang menggambarkan langkah, urutan, dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dalam suatu program. Langkah tersebut digambarkan dengan simbol-simbol tertentu dan saling dihubungkan menggunakan garis atau tanda panah.
DFD
DFD adalah gambaran arus informasi yang diproses dari input menuju sebuah output tertentu. DFD fokus pada arus informasi, asal dan tujuan data, hingga bagaimana data tersebut disimpan. Biasanya, DFD digunakan untuk menjelaskan atau menganalisis sebuah sistem informasi. Selain itu, diagram ini juga bisa dimanfaatkan dalam proses software development. Banyak analis lebih memilih DFD daripada jenis diagram lainnya. Analis dapat menggunakan DFD untuk membuat gambaran sebuah sistem, kemudian memberikannya pada programmer. Selanjutnya, programmer akan membuat coding berdasarkan arahan analis yang tertuang dalam DFD. Banyak proses dalam suatu sistem yang sulit dijelaskan oleh kata-kata. Oleh karena itu, untuk menyederhanakannya, kamu bisa menggunakan DFD yang disusun secara visual. Ada berbagai simbol yang digunakan dalam DFD, yaitu persegi panjang, lingkaran, dan panah. Setiap simbol memiliki makna yang berbeda dan akan diberi label untuk menjelaskan semua step tersebut.
ERD
ERD (Entity Relationship Diagram) adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.
UML
UML adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek. UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language. UML juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. Aplikasi atau sistem yang tidak terdokumentasi biasanya dapat menghambat pengembangan karena developer harus melakukan penelusuran dan mempelajari kode program. Dalam UML sendiri terdapat beberapa jenis diagram yaitu :
·
Class
Diagram
Class diagram adalah visual dari struktur sistem program
pada jenis-jenis yang di bentuk. Class diagram merupakan alur jalannya database
pada sebuah sistem. Class diagram merupakan penjelasan proses database dalam
suatu program. Dalam sebuah laporan sistem maka class diagram ini wajib ada.
Adapun fungsi dan manfaat dari class diagram adalah sebagai berikut :
-
Menjelaskan
suatu model data untuk program informasi, tidak peduli apakah model data
tersebut sederhana maupun kompleks.
-
Dengan
menguasai class diagram maka akan meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum
skema dari suatu program.
-
Mampu
menyatakan secara visual akan kebutuhan spesifik suatu informasi serta dapat
berbagi informasi tersebut ke seluruh bisnis.
-
Dengan
Class Diagram dapat dibuat bagan secara terperinci dan jelas, dengan cara
memperhatikan kode spesifik apa saja yang dibutuhkan oleh program. Hal ini
mampu mengimplementasikan ke struktur yang dijelaskan.
-
Class
Diagram mampu memberikan penjelasan implementasi-independen dari suatu jenis
program yang digunakan, kemudian dilewatkan diantara berbagai komponennya.
·
Use
Case Diagram
Use case diagram merupakan diagram yang menggambarkan
hubungan antara aktor dengan sistem. Use case diagram bisa mendeskripsikan
sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat.
Use case diagram juga bisa digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada
di dalam sebuah sistem dan bisa juga mempresentasikan sebuah interaksi
aktor dengan sistem. Komponen tersebut kemudian menjelaskan komunikasi antara
aktor, dengan sistem yang ada. Dengan demikian, use case dapat
dipresentasikan dengan urutan yang sederhana, dan akan mudah dipahami oleh para
konsumen. Manfaat dari use case sendiri adalah untuk memudahkan komunikasi
dengan menggunakan domain expert dan juga end user, memberikan kepastian
pemahaman yang pas tentang requirement atau juga kebutuhan sebuah sistem.
·
Sequence
Diagram
Sequence Diagram adalah salah satu dari diagram - diagram
yang ada pada UML, sequence diagram ini adalah diagram yang menggambarkan
kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaannya untuk menunjukkan
rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object.
Sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem. Dalam sequence
diagram, setiap object hanya memiliki garis yang digambarkan garis putus-putus
ke bawah. Pesan antar object digambarkan dengan anak panah dari object yang
mengirimkan pesan ke object yang menerima pesan. Berikut komponen - komponen
yang ada pada sequence diagram :
-
Object, adalah komponen berbentuk kotak
yang mewakili sebuah class atau object. Mereka mendemonstrasikan bagaimana
sebuah object berperilaku pada sebuah system.
-
Activation
boxes, adalah
komponen yang berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu yang
diperlukan sebuah object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang
diperlukan, maka activation boxes akan lebih panjang.
-
Actors, adalah komponen yang berbentuk
stick figure. Komponen yang mewakili seorang pengguna yang berinteraksi dengan
system.
-
Lifeline, adalah komponen yang berbentuk
garis putus - putus. Lifeline biasanya memuat kotak yang berisi nama dari
sebuah object. Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.
Sekian penjelasan rangkuman yang bisa saya ambil dari Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak, Semoga rangkuman ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan bila ada salah kata di dalam blog yang saya tulis saya mohon maaf sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Jangan lupa kunjungi link UMSIDA :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar